Debat Ketiga Pilpres 2019

Debat Ketiga Pilpres 2019 Saksikan Streaming di Vidio.com

Masing-masing cawapres menyatakan dirinya akan rileks saat debat nanti

Peraturan debat ketiga Pilpres 2019

Tidak terasa debat ketiga pilpres 2019 kini sudah memasuki tahap selanjutnya yang akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Debat ketiga kali iniberbeda loh dari yang sebelumnya, bukan lagi antar calon Presiden melainkan dilaksanakan oleh Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mempersiapkan aturan baru, salah satunya pelarangan membawa atribut kampanye. Para pendukung tidak boleh membawa alat peraga kampanye dalam ruangan, karena nanti nya akan difasilitasi oleh KPU untuk alat-alat kampanye. Selain itu, para Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) tidak boleh meneriakkan yel-yel dengan sembarang dan membuat yel-yel yang bersifat menyerang. Yel-yel tetap diperbolehkan tetapi ada waktunya dan akan diatur, yel-yel dimaksudkan hanya untuk menyemangati, tidak diperbolehkan yel-yel bersifat menyerang.

Tidak hanya itu saja, undangan untuk para TKN dan BPN juga akan dibatasi, jika sebelumnya undangan tersedia untuk 140 orang sekarang masing-masing akan hanya untuk 75 orang. KPU juga memutuskan untuk menghapus penayangan film pendek dalam debat ketiga Pilpres 2019. Sebagai gantinya, pertanyaan yang semulanya termuat dalam film pendek  akan disampaikan secara lisan. Menurut tim kampanye dari masing-masing pihak menilai, film pendek yang ditayangkan dalam debat kedua sulit dipahami maknanya. Pada debat ketiga, KPU juga akan menambahkan waktu pada segment pertama yaitu saat memaparkan visi dan misi dan segment terakhir pada pernyataan tertutup masing-masing calon wakil presiden.

Persiapan masing-masing cawapres

Ma’ruf Amin menyatakan dirinya tetap rileks menghadapi lawannya Sandiaga Uno. Meskipun begitu, ia tetap memperdalam materi yang akan dibahas saat debat. Dia juga menyatakan akan mendengar masukan dari bebagai pihak terkait isu-isu yang bakal dibahas saat debat nanti. Tim Kampanye Nasional (TKN) menyebut cawapres nomor urut 01 akan menyerang melalui fakta dan data.

Dalam tema kesehatan di debat ketiga ini, perwakilan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf menyatakan pasangan Jokowi-Ma’ruf akan fokus melakukan upaya pengurangan angka stunting. Oleh karena itu, akan dilanjutkan program kesehatan yang sudah berjalan selama masa pemerintahan Jokowi. Hal yang menarik dalam diri cawapres nomor urut 01 ini adalah membebaskan Ma’ruf mengeluarkan ayat-ayat Al-Qur’an jika memang dibutuhkan dalam debat ketiga nanti.

Nah tidak mau kalah dengan Ma’ruf Amin, Sandiaga Uno juga sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari melakukan workshop hingga melakukan simulasi debat. Untuk Sandiaga Uno sendiri, terkait isu kesehatan dalam debat ketiga akan membahas pembenahan BPJS. Selain itu, masalah sosial budaya juga menjadi salah satu topik dalam debat ketiga ini dan Sandiaga akan membahas tentang perumahan. Menurutnya, hal ini penting untuk dibahas karena pemerintah belum memenuhi target membangun 10 juta unit rumah. Dari permasalahan ini, strategi paslon nomor urut 02 adalah mencetak 1 juta rumah bersubsidi per tahunnya. Sementara pada aspek budaya, Sandiaga menilai bahwa sebagian masyarakat sudah memiliki cara pandang ekonomi kreatif. Hal ini masih perlu di kembangkan untuk menjadi sumber ekonomi yang dapat mensejahterakan masyarakat. Dalam masalah pendidikan, Sandiaga akan fokus pada pendidikan berbasis karakter. Menurutnya, pendidikan berbasis karakter merupakan salah satu kekurangan dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Saksikan debat ketiga pilpres 2019, Ma’ruf Amin vs Sandiaga Uno live streaming di Vidio.com, dengan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Pasang alarm kalian pada tanggal 17 Maret mendatang pukul 20:00 WIB

Leave a Reply